CLASS, OBJECT & METHOD Dalam JAVA

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat datang para pembaca yang baik dan sedang belajar bahasa pemrograman, saya senang sekali kalian mengunjungi blog dan membaca artikel ini.Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang Pemerograman JAVA.

sekarang saya akan menjelaskan apa itu Java,Class,Object,dan Method.




apa JAVA itu sendiri ?
Java merupakan salah satu Bahasa pemrograman tingkat tinggi berorientasi objek yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems sekitar tahun 1995.

Java merupakan salah satu Bahasa pemrograman yang mampu menghasilkan aplikasi multiplatform (mampu berjalan di semua system operasi).

apa itu CLASS ?
Class merupakan suatu “blueprint” atau “cetakan” untuk menciptakan suatu instan dari object. Class juga bisa disebut blok-blok bangun pada program Java. Class mendefinisikan atribut/properti atau biasa disebut dengan field dan perilaku (behavior) atau biasa disebut dengan method dari obyek yang dibuatnya. 
Attribute berlaku sebagai data, didefinisikan oleh class, individu, dan berbeda satu dengan lainnya. Attribute didefinisikan dalam class dengan menggunakan variabel.
Behavior berlaku sebagai method (operasi). Untuk menentukan behavior atau perilaku dari object harus membuat methods.

apa itu OBJECT ?
Objek adalah intansiasi (instance) dari class. Jika class secara umum mempresentasikan (template) sebuah objek, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.

Sintak :
NamaKelas  NamaObjek = new NamaConstruktor();
atau
NamaKelas NamaObjek;
NamaObjek = new NamaConstruktor();

Apa itu Method ??
Method/metode adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek atau dapat dikatakan method adalah perilaku dari objek.
Method itu sendiri memiliki 4 (empat) bagian dasar, antara lain :
  1. Nama method
  2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode
  3. Daftar parameter
  4. Badan atau isi method
Di dalam bahasa pemerogram java,Method terbagi menjadi 2 : 

1.Built in Method
Built in method adalah method-method yang sebenarnya telah disediakan oleh Java (NetBeans) dan programmer tinggal menggunakan saja tanpa harus mendeklarasikan terlebih dahulu method yang diperlukan.
Contoh : Constructor, Getter and Setter method

2.User define Method
User define method adalah method yang tidak disediakan oleh Java (NetBeans) sehingga apabila programmer membutuhkan suatu method, misalkan method untuk menghitung volume sebuah bola, maka method tersebut harus dibuat terlebih dahulu sebelum dapat digunakan.


Step 1 – buat packages baru
buat 2 packages yaitu entity dan view


Step 2 – buat jframe FORM dan desain interface
Buat Jframe Form baru pada packages VIEW kemudian desain form tersebut. Jika pada pertemuan sebelumnya telah dibuat tinggal pidahkan saja Jframe tersebut pada package VIEW.





Step 3 – buat CLASS ENTITY UNTUK FORM LATIHAN
Buat Java Class pada package ENTITY, berikan nama sesuai dengan JFRAME FORM untuk memudahkan dalam pemanggilan class dan tambahkan kata kunci Ent untuk menunjukkan bahwa class tersebut sebuah entitas. Tambahkan baris kode seperti berikut ini :



Step 4 – buat method getter and setter
Setelah variable dideklarasikan dengan hak akses PRIVATE (Enkapsulasi), langkah selanjutnya adalah membuat method mutator dan accessor (getter & setter) agar variable tersebut dapat diakses oleh FrmLatihan. Letakkan cursor pada baris yang kosong, kemudian klik kanan dan pilih insert code.


Step 5 – TAMBAHKAN SOURCE CODE BUTTON SHOW
Setelah entity dibuat langkah selanjutnya adalah menambahkan/memodifikasi baris kode pada button Show.

Begitulah sekiranya penjelasan dari saya,Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan bagi pembaca. Assalamu'alaikum wr.wb.
0 Komentar untuk "CLASS, OBJECT & METHOD Dalam JAVA"

Back To Top