BAD POOL CALLER BLUESCREEN PADA WINDOWS 10


Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat datang para pembaca yang baik kali ini saya akan berbagi info Bagaimana Cara Menangani BlueScreen Windows 10 atau BAD_POOL_CALLER


Mengapa Windows BlueScreen dapat muncul ?
Bad Pool Caller bluescreen pada windows 10 (seharusnya tidak hanya pada windows 10, karena secara pribadi saya mengalaminya pada windows 10) memiliki kode error dengan nilai 0x000000C2.
Secara teknikal kode error ini memberikan indikasi bahwa thread (proses yang dapat berjalan secara paralel) yang sedang berjalan melakukan request bad pool. Hal ini memungkinkan terjadi karena permintaan pool (resource yang dapat dipakai) yang invalid pada proses yang berjalan.
Contoh kondisi pool yang invalid adalah ketika sistem operasi berusaha membebaskan / melepaskan alokasi memory yang sama lebih dari satu kali. Hal ini menyebabkan masalah karena sistem operasi berusaha membebaskan / melepas alokasi memory yang memang sudah dilepas / dibebaskan.

Contoh lain kondisi pool yang invalid adalah ketika suatu proses berusaha menggunakan pool yang sudah digunakan proses lain yang berpotensi juga menyebabkan masalah.

Bagaimana Cara Mengatasi Bad Pool Caller Bluescreen Pada windows 10?

dari berbagai sumber yang mampu saya rangkum ada beberapa cara yang mungkin bisa mengatasi Bad Pool Caller pada windows 10

1 ) Melakukan Windows Update

Lakukan windows update, karena sistem operasi windows akan selalu update. Ada kemungkinan bluescreen terjadi karena bug tersebut. Dan update terbaru dari windows kemungkinan juga menyelesaikannya. Untuk update windows,
Tekan tombol windows -> ketik settings -> Update & security -> Tekan Check for updates

2 ) Menjalankan program Anti-virus

Virus dapat merubah kinerja sistem operasi menjadi tidak berjalan semestinya, menjalankan software antivirus adalah tindakan yang masuk akal.
Salah satu antivirus yang paling saya rekomendasi adalah malwarebytes. Software ini pernah menjadi penyelamat komputer saya ketika terserang adware. Malwarebytes memiliki versi gratis dan premium. Namun, bagi saya versi gratis sudah cukup.

3 ) Mengembalikan Perubahan Terakhir pada Sistem

Coba ingat – ingat kembali apa yang anda telah lakukan kepada laptop / komputer anda sebelum terkena Bad Pool Caller bluescreen. Dan cobalah untuk mengembalikan perubahan ke posisi semula.

4 ) Update drivers

Lagi – lagi kita dihadapkan dengan solusi update drivers. Driver yang tidak terupdate atau driver yang bermasalah pada sound card, graphics card, chipset, network adapters, processors atau yang lainnya dapat menyebabkan Bad Pool Caller bluescreen.
Pastikan anda semua drivers dalam kondisi yang paling update dengan cara dibawah ini,

5 ) Melakukan Windows Memory Diagnostic Tool

RAM yang bermasalah adalah penyebab paling sering dari Bad Pool Caller Bluescreen pada windows 10. Windows sudah menyediakan tools untuk memperbaiki dirinya sendiri.
tekan tombol windows + r -> ketik mdsched.exe -> OK
Lalu tekan pilih Restart now and check for problems (recommended) untuk mengecek RAM anda sekarang juga.
Setelah itu windows akan me-restart dirinya sendiri lalu akan menjalankan diagnosis. Proses ini kira – kira berjalan 10 menit. Jika anda tidak melihat error pada prosesnya, hal ini menandakan RAM anda sehat.

6) Diagnosis pada Harddisk

* Sebelum melakukan hal ini pastikan anda menutup semua aplikasi yang terbuka
Selanjutnya lakukan diagnosis pada harddisk, harddisk yang corrupt juga merupakan penyebab dari Bad Pool Caller Bluescreen pada windows 10. Tak ada salahnya melakukan diagnosis pada harddisk untuk mengecek apakah harddisk anda bermasalah atau tidak.
Tekan windows + e -> pilih this PC -> klik kanan pada harddisk yang menjadi tempat penyimpanan sistem operasi (biasanya di C) -> pilih Properties -> Tools -> Check.
Setelah menekan Check windows akan mengecek harddisk anda, jika masalah tidak ditemukan maka harddisk bukanlah penyebabnya.

7 ) Update BIOS

Perlu diperhatikan, secara pribadi saya belum pernah melakukan hal ini. Namun, beberapa sumber menyebutkan dengan melakukan update BIOS dapat menyebabkan data loss. Untuk melakukan update BIOS bergantung pada distributor laptop anda. Anda dapat mengeceknya pada official website distributor laptop anda sendiri.

8 ) Menggunakan Windows Driver Verifier

Windows driver verifier merupakan software bawaan windows untuk keperluan troubleshooting.
Untuk melakukan windows driver verifier anda dapat membaca artikel dibawah ini

9 ) Uninstall Program Antivirus Yang Didownload

Secara default windows dilengkapi windows Defender yang melindungi sistem operasi dari serangan virus.
Namun, anda bebas untuk melakukan instalasi program antivirus lainnya.
Namun, program tersebut sebenarnya bisa saja menyebabkan bad pool caller bluescreen  pada windows 10 karena tidak kompatibel dengan sistem operasi.
Cobalah untuk melakukan uninstall pada antivirus.

10 ) Install ullang windows 10

Langkah paling frustasi jika bad pool caller bluescreen ini membandel. Lakukan backup jika memungkinkan.
Sekian Tips bagaimana cara menangani  Bad Pool Caller Bluescreen Pada windows 10
0 Komentar untuk "BAD POOL CALLER BLUESCREEN PADA WINDOWS 10"

Back To Top