CARA MENANGANI LAPTOP BERKEDIP

Assalammualaikum

kali ini saya akan berbagi cara menangani laptop berkedip
Laptop adalah komputer yang bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah) yang berukuran relatif lebih kecil dan lebih ringan di bandingakn dengan komputer, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasinya, laptop dapat digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari komputer. Mereka termasuk layar, keyboard, dan trackpad atau tackball, yang berfungsi sebagai mouse. Karena dimaksudkan untuk digunakan di mana saja, Laptop memiliki baterai memungkinkan untuk beroperasi tanpa terhubung ke stopkontak (sumber listrik). Laptop juga termasuk adaptor daya yang memungkinkan untuk menggunakan daya dari stopkntak dan mengisi kembali baterai.

Pada saat laptop dinyalakan, layar LCD berkedip –kedip dalam menampilkan gambar ( kadang gambar tampak terang, kadang gelap gulita ) dan LCD semakin berkedip jika layar di gerakkan.


Cek :
Permasalahan pada kasus gambar menjadi gelap ( light – off ) pada LCD dapat di sebabkan oleh beberapa hal :
  • Masalah pada kabel flexibel
  • Masalah pada kabel inverter
  • Masalah pada modul inveter
  • Masalah pada neon LCD

Solusinya :

Dari keterangan pemilik, laptop ini sudah pernah jatuh dari meja, permasalahannya LCD berkedip ini mulai timbul setelah kejadian tersebut.
Karena modul inverter pada LCD memiliki level tegangan yang sangat tinggi, maka pergerakkan yang cepat dan tiba – tiba dapat menyebabkan pasokan tenaga untuk lampu LCD menjadi tidak stabil. Inilah yang dapat menyebabkan terjadinya efek kedipan pada LCD.
Untuk mengantisipasi / menetralisir muatan statis, modul inverter harus dilepas dari semua konektornya, Beriut cara – cara nya :
  1. Matikan LAPTOP, Cabut baterai dan adaptor.
  2. Frame LCD dibuka.
  3. Lepas konektor – konektor kabel.
  4. Setelah diperiksa, tidak ada kerusakan fisik pada modul inverter dan kabel – kabel.
  5. Supaya melepaskan inverter.
  6. Supaya menggunakan maget yang berukuran kecil, di dekatkan dengan jarak kira – kira 2 cm ke inverter, gerakkan dari ujung ke ujung untuk membuang muatan statis. Cukup lakukan 1 sampai 2 kali saja.
  7. Lapisi inverter dengan selotip kertas, untuk memperkuat kondisi PCB inverter.
  8. Pasang kembali konektor dari kabel – kabel, pastikan konektor terpasang dengan erat dan baik.
0 Komentar untuk "CARA MENANGANI LAPTOP BERKEDIP"

Back To Top