3 Cara Mengatasi HP Bootloop, HP Android Hang Di Logo HP

Kali ini saya akan berbagi tips bagaiamana cara mengatasi Bootloop dan hang di logo,bagi kita pengguna gadget yang masih belum pernah mengalami kejadian seperti itu pastinya akan kebingungan jika terjadi bootloop pada hpnya dan akan berusaha mencari bagaimana cara mengatasi hp bootloop tersebut.Bootloop merupakan salah satu masalah hp yang menyerang sistem intern Android. Dimana Android tidak bisa melakukan startup sehingga sebelum masuk ke tampilan home, sistem Android kembali ke state awal seperti halnya tampilan Android yang baru dihidupkan dan biasanya akan macet di logo identitas hp.

Bootloop itu sebenarnya bukanlah persoalan besar, apabila kita mengetahui bagaimana cara mengatasinya. sebaliknya, akan ada kemungkinan jika hp Anda tidak bisa dipergunakan, jika Anda tidak segera mengatasi bootloop tersebut. Berikut adalah beberapa cara mengatasi bootlooppada hp
.

1. Bootloop tingkat ringan (Light)

Pada kasus bootloop ini masih tergolong mudah. Pada keadaan ini biasanya disebabkan karena ketidaksengajaan pengguna dalam mengoperasikan salah satu file data atau mungkin aplikasi tanpa melalui recovery mode. Sehingga hal ini menyebabkan perangkat hp mengalami bootloop, yaitu yang secara tiba-tiba me-restart sendiri dan tidak bisa kembali ke menu awal.

Jika hal tersebut terjadi pada hp Anda, maka dapat diatasi dengan cara mematikan hp terdahulu kemudian lepaskan baterainya. Untuk mendapatkan kembali kestabilan hp, baterai jangan langsung dipasang melainkan tunggu terlebih dahulu kurang lebih 15 menit. Kemudian pasang kembali baterainya dan nyalakan hp Anda. Jika hp Anda benar-benar dalam masalah bootloop yang ringan, dengan cara tersebut hp sudah bisa di booting kembali secara normal.

2. Bootloop tingkat menengah (Medium)

Bootloop tingkat menengah ini diakibatkan oleh berlebihannya melakukan perubahan kecil pada sistem sofware Android (tweaking), seperti halnya dalam melakukan proses rooting. Karena pada dasarnya sistem tersebut sangat dilindungi, sehingga apabila terjadi kesalahan sedikitpun maka akan mengakibatkan bootloop. Pada bootloop tingkat ini bisa diatasi dengan masuk ke sistem recovery untuk mem-backup ulang.
Untuk mengatasi bootloop ini, ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu :
  1. Anda bisa langsung masuk ke menu sistem recovery mode Android untuk melakukan factory reset.
  2. Ada beberapa hp yang dalam proses pemulihan dari bootloop harus memerlukan bantuan Laptop atau PC . Fungsi dari media ini digunakan sebagai alternatif untuk mem-backup data recovery image dan file recovery CWM ataupun aslinya. Cara ini akan bisa berhasil dilakukan apabila sebelumnya Anda pernah mem-backup data ROM pada hp yang bermasalah tersebut. Tapi jika belum pernah melakukannya, maka Anda bisa mencari data recovery yang sesuai dengan tipe hp tersebut di media internet ataupun google.

3. Bootloop pada tingkat tinggi/ parah (Hard)

Bootloop kali ini bisa dikatakan berat atau sudah pada tingkat yang parah, karena terjadi gangguan pada sistem sofware yang sangat dibutuhkan oleh hp. Hal ini biasanya disebabkan karena terjadinya kesalahan disaat mengganti Stock ROM yang berbeda, upgread sistem operasi, maupun saat meng-compile APK. Sehingga dari aktivitas tersebut akan menyebabkan hp tidak bisa melakukan proses booting dan akan macet total.
Secara garis besar, bootloop ini bisa diatasi dengan cara install ulang. Dilain itu, dengan melihat kerusakannya yang tergolong parah, maka cara mengatasi hp bootloop tersebut harus dengan menggunakan media laptop atau PC. Tidak hanya sembarang menginstal, namun laptop yang digunakan harus mempunyai aplikasi khusus untuk menginstal ulang Android ataupun untuk melakukan flashing ROM (firmware). Tapi perlu diketahui juga, perbedaan tipe dan merek pada hp juga akan mempengaruhi perbedaan pada cara penginstalan.
1 Komentar untuk "3 Cara Mengatasi HP Bootloop, HP Android Hang Di Logo HP"

Back To Top