Rooting Android: Tujuan dan Cara-caranya

Sekarang kita lanjut ke bagian berbagai cara yang bisa dipraktekkan. Perhatikan dengan baik-baik, jangan sampai salah langkah, ya!

1. CF-Auto-Root

CF-Auto-Root adalah cara root untuk “para pemula rooting” dan untuk siapa saja yang ingin tetap menggunakan sistem bawaan (tidak mengganti ROM). Saat ini cara ini hanya mendukung smartphone berbasis firmware dari Samsung dan Nexus, dan menjadi cara termudah dan tercepat untuk rooting. Pada dasarnya cara ini hanya memasang SuperSU di sistem, sehingga aplikasi-aplikasi bisa mendapatkan akses root.

2. Rooting dengan framaroot


Beberapa tipe smartphone bisa di-root dengan mudah, tanpa harus menghubungkannya dengan PC. Tinggal menggunakan aplikasi bernama Framaroot. Cukup install di dalam handphone, pilih metode root-nya, dan smartphone akan terinstall akses root (ditandai dengan adanya aplikasi baru superuser). Ingat, tidak semua smartphone mendukung cara ini.

4. Rooting dengan Towelroot
 Towelroot adalah aplikasi android untuk rooting lainnya yang kompatibel dengan lebih banyak smartphone. Walaupun pada awalnya aplikasi ini didesain khusus untuk Galaxy S5 aplikasi ini tetap bisa digunakan di sebagian besar smartphone dengan kernel sistem yang belum di-patch.

5. Menggunakan KingRoot (Update: sangat tidak direkomendasikan)Update: setelah dilihat dari banyak diskusi di berbagai forum Android menyimpulkan, kalau Kingroot “mencurigakan” dan bahkan “berbahaya”. Tak hanya memberi akses root, ternyata Kingroot secara paksa memasang iklan dan memata-matai pengguna hp yang terinstal. Sehingga bisa dikategorikan sebagai Adware dan Spyware.
Jika anda mempunyai PC, dan tidak ingin susah-susah “flash ini flash itu”, KingRoot jawabannya. KingRoot Bisa digunakan di hampir semua perangkat android versi 2.x sampai 5.0. Tinggal hubungkan smartphone ke PC, download dan Install KingRoot, dan jalankan. Atau, tinggal download dan pasang di android lalu jalankan.

6. Meggunakan cara sesuai dengan tipe dan merek smartphone

Sebenarnya, setiap tipe dan merek smartphone memiliki cara rooting yang berbeda-beda dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula. Untuk mengetahui cara dan step by step sesuai dengan tipe smartphone yang anda punya, anda harus cari di forum-forum android di Internet. Forum lokal seperti Kaskus, atau Internasional seperti XDA biasanya memiliki berbagai sub forum khusus untuk tipe-tipe smartphone tertentu, yang berisi berbagai macam tips dan trik rooting dan utak-atik android — yang tentunya bisa anda coba.

0 Komentar untuk "Rooting Android: Tujuan dan Cara-caranya"

Back To Top