Tips Memilih Smartphone Gaming


Di zaman yang serba canggih ini, smartphone bukan hanya menjadi alat komunikasi saja, smartphone juga bisa menjadi penghibur di kala bosan melanda,dan tidak sedikit orang yang banyak menghabiskan waktunya dengan smarphone seperti berselfie ria, browsing maupun bermain game.

Nah khusus untuk aktivitas bermain game ini, smartphone kini tidak kalah pamor dibanding konsol dan PC, bahkan kebanyakan dari anda mungkin  justru lebih banyak menghabiskan waktu bermain game di smartphone ketimbang PC dan konsol yang anda miliki, selain karena mobilitas yang tinggi, game di smartphone juga tidak kalah dibandingkan konsol dan PC.

Namun, untuk bisa bermain game dengan tingkat grafis yang tinggi dengan lancar, anda tidak boleh memiliki sembarang smartphone, tentunya anda juga membutuhkan smartphone dengan spesifikasi mumpuni pula, serta jeli dalam memilih smartphone tersebut, berikut ini beberapa tips untuk anda dalam memilih smartphone untuk gaming.



1. Perhatikan Besaran RAM
Ya, RAM memang memilliki peranan penting dalam memilih smartphone gaming anda, RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data dari game yang anda sedang mainkan untuk sementara, semakin besar kapasitas sebuah RAM maka ruang data yang bisa tersimpan pun akan semakin lega, untuk itulah bila anda menginginkan smartphone gaming untuk bermain game berat dengan grafis tinggi seperti Vainglory, Mortal Kombat X, HIT dan lain lain anda memerlukan RAM dengan kapasitas 3-4 GB (lebih besar lebih baik), terkecuali bila anda hanya ingin memainkan game dengan grafis ringan seperti Clash Of Clans, Heroes Charge, dan Angry Birds atau yang lainnya kami rasa RAM dengan kapasitas 1-2 GB saja sudah cukup.

2. Prosesor Tangguh
Apalah gunanya RAM apabila prosesor anda tidak stabil, selain RAM, prosesor juga memiliki andil besar dalam kelancaran sebuah game di smartphone anda, fungsi prosesor adalah menjaga kestabilan ketika smartphone sedang menjalankan suatu aplikasi ataupun game, prosesor terdiri dari beberapa jenis yaitu dualcore yang memiliki 2 inti chip, quadcore yang memiliki 4 inti chip,  octacore yang memiliki 8 inti chip hingga decacore yang memiliki 10 inti chip. Produsen prosesor yang sering dipakai oleh produsen smartphone ternama di dunia ada 2 yaitu snapdragon dari Qualcomm dan Helio dari Mediatek. Keduanya memiliki kesamaan dalam hal kestabilan namun Qualcomm memiliki nilai plus tersendiri dari rendahnya konsumsi daya baterai dari prosesornya, untuk gaming kami sarankan untuk memilih smartphone dengan prosesor quadcore atau octacore dengan kecepatan Ghz minimal 1,5 Ghz. Bila anda tidak terlalu mementingkan daya baterai yang akan terkuras anda bisa memilih prosesor buatan mediatek yang jauh lebih murah bila dibandingkan qualcomm

3. Layar HD atau Full HD
Untuk meningkatkan pengalaman gaming anda di smartphone, layar adalah hal yang perlu anda perhatikan, terdapat 3 jenis layar yang biasanya dipakai di smartphone yaitu, TFT, IPS dan AmoLED. Nah, jenis layar smartphone tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. untuk gaming, kami sarankan memilih layar IPS yang memiliki sudut pandang yang baik serta konsumsi daya yang hemat, namun bila anda memiliki budget lebih, pilihlah layar AmoLED karena konsumsi dayanya yang jauh lebih hemat, walaupun anda akan merogoh kocek yang cukup dalam apabila layar tersebut rusak, nah untuk resolusinya pilihlah layar dengan resolusi 720 p atau HD, karena kebanyakan game smartphone yang beredar saat ini juga hanya mendukung resolusi HD, serta resolusi HD juga lebih hemat daya.

4. Ruang Penyimpanan yang Cukup
Ya, ruang penyimpanan yang lega juga merupakan hal yang penting dalam memilih smartphone gaming anda, dikarenakan game smartphone yang beredar saat ini memiliki ukuran yang berbeda-beda, bahkan bisa mencapai 3 GB untuk beberapa game dengan grafis tinggi, untuk itu kami sarankan untuk memilih smartphone dengan ruang penyimpanan sekitar 32 sampai dengan 64 GB.
Nah, itulah dia tips untuk memilih smartphone gaming yang telah kami tulis untuk anda, selamat memilih smartphone gaming anda.
0 Komentar untuk "Tips Memilih Smartphone Gaming"

Back To Top