INTERFACE CLASS DAN IMPLEMENT CLASS.

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat datang para pembaca yang baik dan sedang belajar bahasa pemrograman, saya senang sekali kalian mengunjungi blog dan membaca artikel ini.Kali ini saya menjelaskan tentang INTERFACE CLASS dan IMPLEMENT CLASS.


Apa itu Interface Class ??
Secara teknis interface merupakan wadah sekumpulan method yang bersifat abstrak atau tidak memiliki implementasi sama sekali. Pada interface tidak diizinkan untuk membuat method yang memiliki implementasi. Selain itu method interface juga dapat berisi sekumpulan variabel akan tetapi variabel yang dideklarasikan didalam interface harus bersifat final, artinya variabel didalam interface dianggap sebagai suatu konstanta (nilai tidak berubah).

Dengan kata lain interface hanya mendefinisikan aturan perilaku (protocol of behavior) yang dapat diimplementasikan oleh kelas lain. Method-method yang didefinisikan didalam interface tersebut baru akan diimplementasikan oleh kelas-kelas yang mengimplementasikan interface yang bersangkutan.

Apa itu Implement class ??
Implement class merupakan sebuah kelas yang disediakan khusus untuk mengimplementasikan method-method yang telah dideklarasikan pada Interface class dengan menerapkan konsep Override method.
Semua method yang dideklarasikan di Interface akan diimplementasikan di Implement class disesuaikan dengan kebutuhan pada Form/View.

Apa itu Override Method ??
Override method adalah salah satu konsep pada pemrograman berorientasi objek (OOP) yang berarti dalam dua kelas yang berbeda memiliki nama method yang sama persis termasuk parameter yang dimiliki oleh method tersebut.

IMPLEMENTASI PADA NETBEANS
1.      Buka kembali project yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya melalui NetBeans.
2.     Buat 2 packages baru yaitu interfaces dan implement (jika sudah tersedia silahkan disesuaikan            atau  tambahkan packages yang belum tersedia) sehingga totalnya memiliki 4 packages.
3.     Packages INTERFACE akan berisi Interface class yang digunakan untuk mendeklarasikan                  seluruh      method yang dibutuhkan pada form.
4.    Packages IMPLEMENT akan berisi java class yang digunakan untuk mengimplementasikan               seluruh method yang telah dideklarasikan pada Interface class.
5.    Implementasikan konsep OVERRIDE METHOD yang telah dipelajari pada Bahasa                             Pemrograman.


Step 1 – buat packages baru
Buat 2 packages yaitu interfaces dan implement.


Step 2 – BUKA KEMBALI FORM YANG TELAH ANDA BUAT
untuk form yang saya buat  adalah Form biodata.Buka kembali Form yang telah anda buat dengan mengunakan entitas. Perhatikan fungsi yang dibutuhkan pada form tersebut.




Step 3 – buat CLASS ENTITY UNTUK FORM biodata
Cek kembali pada package entity, apakah form tersebut telah memiliki entity atau belum.  Jika belum maka harus dibuat terlebih dahulu Java class pada package entity. Deklarasikan variable yang dibutuhkan kemudian buat method getter and setter.

Step 4 – buat interface class
Setelah desain form dan entitas dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat Interface class pada package interfaces.


Step 5 – DEKLARASI METHOD YANG DIBUTUHKAN FORM
Setelah Interface class dibuat, langkah selanjutnya adalah mendeklarasikan method yang dibutuhkan pada form Biodata yang telah dibuat. Misal pada form tersebut dibutuhkan 

Step 6 – BUAT JAVA CLASS DI PACKAGE IMPLEMENT
Setelah method-method yang dibutuhkan dideklarasikan pada Interface class, langkah selanjutnya adalah membuat Implement (Java Class) pada package implement.


ethod-method yang telah dideklarasikan pada Interface class. Dengan menambahkan source code seperti berikut pada deklarasi class.


Step 8 – implement all METHOD
Jika telah ditambahkan source code “implements IntBiodata” perhatikan pada line tersebut akan diberikan tanda kesalah. Klik pada tanda tersebut kemudian pilih Implement all abstract method.


Step 9 – TAMBAHKAN KODE PADA METHOD YANG DIIMPLEMENTASI
Langkah ke-9 yaitu menambahkan baris kode pada method yang telah diimplementasi pada implement disesuaikan dengan kebutuhan form. Misal ketika button save di-klik maka beberapa informasi akan ditampilkan pada textField, seperti NIM, Nama, dan Jurusan.



Step 10 – modifikasi form biodata
Langkah terakhir adalah memodifikasi method pada button Save yang ada pada form biodata.


Sekian Penjelasan dari materi tentang Interface,Class,dan Implement,Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan bagi pembaca,untuk cara pembuatan form silahkan di buka CLASS,OBJECT,& METHOD Dalam JAVA Assalamu'alaikum wr.wb
0 Komentar untuk "INTERFACE CLASS DAN IMPLEMENT CLASS."

Back To Top